Home » » Tips dan trik agar laptop atau Notebook Kita Tida cepat panas

Tips dan trik agar laptop atau Notebook Kita Tida cepat panas

Written By Cholil Smart on Wednesday, 23 May 2012 | 06:27

Petotu kali ini akan berbagi tentang cara agar Notebook kita tahan lama dan tidak cepat panas...... mari kita ikuti beberapa langkah berikut :

Gunakan cooling pad
cara ini paling umum, tp pemakaian cooling pad kurang berpengaruh. cooling pad yg paling murah paling hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C

Bersihkan kipas heatsink notebook dari debu
biasanya klo laptop udh lama dipake, maka debu akan numpuk di kipas & heatsink. debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar

Ganti thermal paste CPU
stelah bersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih bagus. klo kamu ganti thermal paste tp heatsink berdebu atau kipas tidak berjalan normal, gak bakal efek.

Suhu Ruangan
suhu ruangan sangat berpengaruh terhadap panas laptop.Nah, karena kamu pake laptop di ruangan non-AC, jadi kamu ga bisa terlalu banyak berharap dari sini.

Undervolting
Nah, cara yg ini langsung mengurangi panas di CPU sndiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan smua point di atas huehehehe

Apa sih Undervolt itu?? undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama skali. yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock.

Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot2 menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip.

Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi
(otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah

Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap2 multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep, daripada cpu bekerja full power tiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst). Tp klo udh dpt voltase stabilnya.

Yang terakhir, gunakan tools HWMonitor untuk memonitor tegangan dan suhu laptop/notebook..
Share this article :

11 komentar:

  1. dari semua triknya mungkin saya cuman bisa ngatur yang suhu ya
    lha sisanya kudu ngebongkar laptop ama beli alat sih. Hehehe

    ReplyDelete
  2. juga bisa gunakan lemari es....

    ReplyDelete
  3. Kalau saya pakai lapie, kabel chargernya harus selalu dicolok mas bro. Soalnya batey cuma kuat 2 jam. Tapi, anehnya lapie saya itu gk kerasa panas meski dapet 12 jam nonstop.

    ReplyDelete
  4. Nice share Sob... Sangat bermanfaat triknya...
    Oia, Hadir selalu di mari sambil senggal senggol... :D
    Mau ikutan share ne :
    MP3 Kisah Inspiratif Bag. XI, reviewnya ditunggu Sob, :) Thanks, salam bLogger

    ReplyDelete
  5. kebetulan teman saya sedang mencari cara agar notebook yang dia gunakan tidak cepat panas lagi.. terima kasih sharingnya bos.. dicoba caranya ya.

    ReplyDelete
  6. wah informasinya pas nih,, kebetulan laptop saya dirumah cepat sekali panas apalagi jika digunakan untuk bermain game, bisa jadi 3 kali lipat panasnya,, nice info, thanks for sharing

    ReplyDelete

Komentar anda saya butuhkan
Komentar anda akan sangat membantu saya
Komentar anda menjadi kebanggaan saya
komentar anda lebih berharga dari berlian

Jangan menyertakan URL pada kotak komentar
karena akan saya anggap sebagai SPAM

Popular Posts

 
Support : Petotu | Pondok Template
| Penyejuk Hati
Copyright © 2013. PETOTU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger